Pengembangan Anime Dan Manga Indonesia

Pengembangan Anime Dan Manga Indonesia

Pengembangan Anime Dan Manga Indonesia

Anime Dan Manga Indonesia – Selama beberapa dekade terakhir, produk budaya Jepang yang populer telah diekspor, diperdagangkan dan dikonsumsi terutama di seluruh Asia Timur dan Tenggara seperti Taiwan, Hong Kong, Singapura, Thailand, Vietnam, Korea dan Indonesia.

Tidak hanya majalah fashion di Hong Kong yang berasal dari Jepang, tetapi buku komik Jepang diterjemahkan ke dalam bahasa seperti Korea Selatan, Thailand, Indonesia dan Taiwan juga.

Pengembangan Anime Dan Manga Indonesia1

Karakter anime Jepang seperti Doraemon, Hello Kitty, Ampan Man, Pokemon, Astro Boy, Sailor Moon, One Piece dan lain-lain dapat ditemukan di pasar Asia dalam bentuk mainan, peralatan sekolah dan kantor serta film animasi yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa lokal.

Pokemon, film animasi, berhasil disiarkan di 65 negara dan diterjemahkan ke dalam dalam 30 bahasa. Keberhasilan pokemon ini kemudian membuat anime ini sebagai sampul utama dari majalah TIME.

Keseruan Anime Dan Manga Indonesia

Keseruan Anime Dan Manga Indonesia

Doraemon juga menjadi salah satu anime yang memiliki pengaruh besar. Menyadari hal ini, Menteri Luar Negeri Jepang memberikan penghargaan kepada film animasi bernama Doraemon sebagai anime Duta besar melalui penghargaan anime internasional. Rekomendasi untuk Doraemon adalah hasil keputusan Komite pakar budaya pop dan kartun di Jepang.

Asosiasi yang berkolaborasi juga dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian kebudayaan Jepang. Doraemon adalah contoh sukses dari industri global yang kreatif. Dengan Doraemon dinobatkan sebagai Anime Duta besar, Komura mengatakan harapannya bahwa masyarakat dunia dapat mengetahui sisi positif Jepang melalui anime Jepang.

Doraemon bisa berkeliling dunia dan mempromosikan dan memperkenalkan Jepang ke seluruh dunia. Hal ini juga diharapkan bahwa kehadiran Doraemon meningkatkan daya tarik masyarakat asing terhadap negara Jepang seperti budaya, tradisi, musik dan teknologi. Semua ini kemudian terbentuk komunitas penggemar yang juga tersebar di Asia dan Amerika.

film, fashion, komik,

Masyarakat Indonesia kemudian menjadi terbiasa dengan film, fashion, komik, makanan dan lain-lain dari Jepang dan Jepang nuansa. Anime dan manga tokoh seperti Doraemon, Hello Kitty, One Piece dan lain-lain juga akrab di telinga masyarakat Indonesia terutama di kalangan kaum muda.

Karena pemerintah Jepang bertujuan untuk memahkotai Doraemon sebagai Duta anime, di Indonesia Doraemon juga diharapkan untuk membantu meningkatkan citra positif Jepang serta mengurangi pandangan budaya J-pop yang negatif.

Jepang menggunakan budaya populer sebagai sarana diplomasi dengan keseriusan pemerintahnya mengenai budaya pop terfokus dalam satu bagian dalam diplomatik Bluebook. Bahkan majalah bulanan diplomasi yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang, memiliki bagian khusus untuk artikel tentang budaya pop sebagai diplomasi dalam beberapa issu diplomatik

Samuel

Leave your message